Tujuan tersebut dapat dicapai manakala program-program pembelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik. Dari rumusan tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut (Awan Mutakin, 1998).
- Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
- Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
- Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
- Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
- Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. pengembangan keterampilan pembuatan keputusan.
- Memotivasi seseorang untuk bertindak berdasarkan moral.
- Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
- Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya “to prepare students to be well-functioning citizens in a democratic society’ dan mengembangkan kemampuan siswa mengunakan penalaran dalam mengambil keputusan pada setiap persoalan yang dihadapinya.
- Menekankan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap materi Pembelajaran IPS yang diberikan.
Tujuan pendidikan IPS menurut Nursid Sumaatmaja, (2006) “ membina anak menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pegetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi mastarakat dan negara” sedangkan secara rinci Oemar Hamalik merumuskan tujuan pendidikan IPS berorientasi pada tingkah laku para siswa, yaitu :
- Pengetahuan dan pemahaman
- Sikap hidup belajar
- Nilai – nilai sosial dan sikap
- Keterampilan. (Oemar Hamalik, 1992: 40:4)
Menurut Somantri (Rudy Gunawan 2011 : 17) “ Tujuan pendidikan IPS, diantaranya untuk membantu tumbuhnya berpikir ilmuan social dan memahami konsep-konsepnya, serta membantu tumbunya warga Negara yang baik”. Somantri (Rudy Gunawan 2011 :20) mengemukakan bahwa : “Tujuan pendidikan IPS bisa bervariasi mulai dari penekanan pada (a) pendidikan kewarganegaraan, (b) pemahaman dan penguasaan konsep-konsep ilmu-ilmu sosial, (c) bahan dan masalh yang terjadi dalam masyarakat dikembangkan secara reflektif”.
Menurut Lif Khoiru Armadi dan Sofan Amri (2011 :11) bahwa mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikurt :
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
- Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan maslah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
- Memiliki kemamp;uan berkomunikasi, berkerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
0 Response to "Tujuan dan Fungsi Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar"
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.