ABSTRAK
Lahay Amanda. 2013 . Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Kelas V SD GMIM III Tomohon
Pembimbing I Drs.S.Pusung, M.Pd dan pembimbing II Danny.A.Masinambow, SP, M.Pd
Kata kunci: Metode Discovery, Hasil Belajar, Pembelajaran Sains.
Dalam kegiatan belajar mengajar guru harus mampu membangkitkan prestasi belajar siswa atau peserta didik sehingga siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sains khususnya tentang Perubahan sifat benda, sangat diperlukan kreatifitas seorang guru terutama dalam penggunaan metode discovery agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar.
Metode penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006) dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : Perencanaan, Pelakasanaaan/Tindakan, Observasi/Pengamatan, Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM III Tomohon dengan jumlah siswa 16 orang dan waktu pelaksanaan adalah pada semester pertama ajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah melalui observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan sejak awal penelitian sampai dingan siklus I bersama dengan mitra kolaborasi. Data yang diolah dengan teknik presentase dan analisis menurut kategori tuntas dan belum tuntas dengan kriteria yaitu : untuk perorangan dikatakan tuntas apabila nilainya ≥ 75% dan belum tuntas apabila nilainya ≤ 75% (Depdiknas, 2002:32).
Hasil Penelitian yang diperoleh pada siklus I adalah 62,5%, sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 81,25%.
Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar Sains tentang perubahan sifat benda pada siswa kelas V SD GMIM III Tomohon dan disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan metode discovery pada materi pembelajaran yang tepat agar cara mengajar kita dapat membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran.
0 Response to "Contoh ABSTRAK : Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains"
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.