Contoh membuat Abstrak dalam menyusun skripsi


ABSTRAK

Rina E. Mandagi 2014: Penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia di SD Katolik Rambunan.
Skripsi, Program Studi S-1 PGSD Universitas Negeri Manado.

Pembimbing Skrips:
(I) Dra. Neltje L. Kambey, M.Ed
(II) Dra. Jetty Kaunang, M.Pd

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran berbicara (memberikan tanggapan terhadap suatu permasalahan) yang dilaksanakan di kelas V SD Katolik Rambunan dan mungkin penggunaan metode mengajar yang belum sesuai. Pada dasarnya guru hanya sekedar memberikan penjelasan dan perintah kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas dalam bahan ajar yang dipelajari dalam pembelajaran tersebut, hal ini menyebabkan siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbicara khususnya dalam memberikan tanggapan dengan menggunakan metode diskusi. Rencana penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas meliputi (1) kegiatan studi awal, yaitu menyusun rancangan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas, (2) kegiatan pelaksanaan penelitianyang dilaksanakan meliputi, tindakan pengamatan dan refleksi, (3) kegiatan dilaksanakan II siklus yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas.

Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran berbicara. Guru dapat menerapkan hasil penelitian ini sebagai inovasi dalam pembelajaran berbicara siswa, dan juga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang dipeoleh dari hasil pengamatan, tes, wawancara, dan kumpulan setiap hasil perbaikan tindakan. Sumber data adalah proses penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan pembelajaran berbicara pada siswa kelas SD Katolik Rambunan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Hal ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran berbicara di kelas V SD terbukti efektif dalam pembelajaran. Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran berbicara khususnya dalam memberikan tanggapan disekolah dasar kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta proses belajar mengajar dapat belajar dengan aktif dan efefisien, dan terjadi peoses interaksi dalam kelas, (2) Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran dapat dijadikan alternatif pendekatan bagi guru untuk meningkatkan hasil pembelajaran, (3) Melalui penggunaan metode diskusi keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat semakin meningkat, (4) Pengunaan metode diskusi dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif, tidak merasa bosan, dan dapat mengembangkan kerja sama dalam diri sendiri.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) guru sekolah dasar disarankan agar menggunakan metode diskusi sebagai alternatif dalam pembelajar Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran berbicara, (2) Kepalah Sekolah lebih menyediakan buku paket Bahasa Indonesia agar melengkapi, memperlancar jalannya pembelajaran di kelas, (3) Peneliti berikutnya agar merancang penelitian baru yang lebih memunculkan penelitian Bahasa Indonesia terlebih pada keterampilan berbahasa.

0 Response to "Contoh membuat Abstrak dalam menyusun skripsi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.